Masyarakat Bersatu, KPK Tak Terkalahkan

Bila kita mengingat kata korupsi, maka dengan spontan kita langsung ingat KPK. Tentu saja yang kita ingat langsung KPK, karena KPK adalah lembaga yang dapat menyelamatkan Indonesia dari tangan-tangan koruptor.  Namun sampai saat ini KPK belum dapat bekerja secara optimal. Banyak pihak-pihak yang ingin memangkas bahkan menjatuhkan KPK. Perlu kita sadari bahwa KPK tidak bisa berjalan sendiri memberantas kasus korupsi, perlu adanya dukungan dan kobaran api dari masyarakat. Untuk itu dalam tulisan ini saya akan mengajak masyarakat agar mengobarkan api yang kita miliki untuk membantu KPK.

Sudah 9 tahun lembaga negara ini berdiri dengan kokoh. Tentu kita masih ingat pada tahun 2003 ada 1 lembaga yang lahir di zaman reformasi yaitu Komisi Pemberantasan Koripsi (KPK). Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. KPK dilahirkan bukan tanpa alasan dan tujuan yang tidak jelas, tetapi lembaga ini dilahirkan dengan adanya keingunan untuk mengurangi dan memberantas kasus korupsi yang merajalela di negara kita.

Dinamika KPK

Seiring dengan perkembangan dalam pemerintahan Indonesia, baik itu pada eksekutif, legislatif, ataupun yudikatif, tentu banyak sekali gejolak yang dialami negara kita. Banyak kasus-kasus hukum yang berkaitan dengan korupsi. Kasus-kasus ini menjadi permasalahan yang sangat serius bagi bangsa ini. Indonesia seolah-olah sedang kehilangan kepercayaan dirinya sebagai bangsa yang bersih dan sejahtera. Tidak hanya itu, kasus-kasus korupsi yang terjadi di Indonesia semakin memojokkan orang-orang yang duduk di pemerintahan. Padahal tidak semua dari mereka tersandung kasus korupsi, namun masyarakat luas memandang pemerintahan di Indonesia seperti tikus-tikus yang sedang berebut makanan. Lalu bila ada tikus-tikus ini, juga diperlukan kucing yang mampu menerka, tikus-tikus yang liar ini. Namun kucing ini harus memiliki kuku dan taring yang runcing untuk bisa menerkam dengan baik. Kucing inilah yang diharapkan oleh masyarakat kepada KPK. KPK harus terus menjadi lembaga yang independen dan harus terus menajamkan taringnya agar bisa menerkam para koruptor tanpa pandang bulu.

Namun seperti yang bisa kita lihat saat ini, kinerja KPK seolah-olah dibatasi oleh pemerintah. Padahal seharusnya pemerintah berterima kasih kepada KPK atas kinerjanya yang selalu objektif dalam memberatas kasus korupsi. Entah mengapa justru kinerja KPK seolah digombosi. Bahkan ketua DPR-RI pernah berwacana agar KPK dibubarkan saja. Ini merupakan hal yang keliru, ada KPK saja korupsi di Indonesia masih merajalela, apalagi jika KPK dibubarkan, mungkin para koruptor yang belum tertangkap akan berpesta pora merayakan kemenangan karena mereka bisa bergerak dengan bebas. Hal ini merupakan blunder pemerintah bila KPK memang dibubarkan. Rakyat Indonesia yang memiliki hati nurani untuk Indonesia bebas korupsi pasti akan menolak dengan keras.

Serangan demi serangan terus menghujani lembaga yang sangat dipercaya masyarakat ini. KPK kembali di uji dengan munculnya wacana RUU revisi KPK. “Apaan lagi ini” semua masyarakat yang peduli pemberantasan korupsi pasti berkata seperti itu. Ironisnya, DPR-RI yang semestinya wakil dari rakyat dan harus membawa suara rakyat malah ikut menyerang KPK. Sejumlah fraksi di DPR hamper setuju dengan revisi UU KPK. Kalau saja ini terjadi, maka sama saja DPR ingin ikut-ikutan membonsai KPK. KKetua DPR Marzuki Alie mengatakan usulan revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih sebatas ditampung. Namun beliau meyakini, usulan yang melemahkan KPK tidak akan lolos dalam pembahasan selanjutnya. Dan akhirnya revisi UU KPK itu memang di tolak. Entah ini hanya permainan DPR atau memang ini merupakan dinamika yang ingin menguji kekokohan KPK. Namun apapun dibalik semua ini tentu kita harus bersyukur bahwasanya revisi UU KPK tidak jadi dilakukan.

Fungsi dan Tugas KPK

Kita perlu memahami fungsi KPK. Saya mengkaji dan mencari referensi yang tentang fungsi KPK. Ternyata fungsi KPK dalam negara ini sangat penting. Bahkan bisa dikatakan KPK sebagai penyelamat aset kekayaan Indonesia bila KPK benar-benar menjalani fungsinya dan tidak mengalami serangan dari pihak-pihak lain. Mengapa fungsi KPK ini perlu saya tuangkan dalam tulisan saya ini, karena bila kita ingin bertindak dan membantu KPK, tentu kita harus memahami dengan jelas fungsi-fungsi yang dimiliki KPK. Berikut ini adalah beberapa fungsi KPK:

  1. 1.      Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara

KPK adalah lembaga negara yang mempunyai hak dan kewajiban memonitori penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Bisa kita bayangkan bila kinerja KPK terus di batasi dan di bonsai oleh pemerintah, bagaimana KPK akan mengembangkan sayapnya. Seharusnya pemerintah justru memfasilitasi dengan baik. Bukan malah melakukan penyempitan kinerja KPK.

  1. 2.      Koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi

KPK sebagai lembaga yang independen memiliki mitra kerja yang dapat membantu kinerjanya dalam memberantas kasus korupsi. POLRI, Komisi III DPR-RI, Kejaksaan merupakan beberapa lembaga yang menjadi mitra kerja KPK. Lembaga-lembaga ini yang seharusnya mendorong KPK untuk selalu bekerja lebih baik. Tetapi banyak dugaan-dugaan bahwa lembaga-lembaga yang menjadi mitra kerja KPK justru malah berselisih dengan KPK. Entah ini hanya salah faham atau memang begini adanya. Apapun itu yang jelas masyarakat sudah jera. Misalnya saja dengan kasus korupsi simulator SIM yang melibatkan jendral polisi Djoko Susilo yang baru beberapa waktu lalu menggemparkan Indonesia.

  1. 3.      Melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi

Sebagai lembaga yang bertugas memberantas korupsi, KPK juga memiliki tugas untuk mencegah tindakan-tindakan tindak pidana korupsi yang dapat merugikan keuangan negara kita. Sosialisasi tentang hail ini telah banyak dilakukan oleh KPK, namun lagi-lagi efek jera para pelaku koruptor belum bisa mencegah terjadinya korupsi. Mungkin karena hukuman tindak pidana korupsi sangat ringan.

  1. 4.      Melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tindak pidana korupsi

KPK berhak melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap tidak pidana korupsi. Sudah banyak kasus yang ditangani KPK. Mudah-mudahan ini menjadi batu-batu loncatan bagi KPK untuk semakin tinggi dalam berkiprah menangani kasus korupsi dengan baik dan benar serta berani.

  1. 5.      Supervisi terhadap instansi yang berwenang melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi

Seperti yang telah saya paparkan pada fungsi KPK di poin yang kedua, bahwasanya KPK memiliki instansi mitra kerja dalam memberantas kasus korupsi. Disinilah KPK harus bekerja sama dan melakukan supervisi dengan mitra-mitra kerjanya agar proses koordinasi berjalan dengan baik dan tidak ada salah faham.

Peran Masyarakat Membantu KPK Kemberantas Korupsi

Seperti kata pepatah, kalau kita menyapu halaman hanya dengan satu lidi, tentu akan sulit menyapu sampah-sampah yang ada di halaman rumah kita. Begitu juga dengan KPK, bila lembaga ini seniri yang harus memberantas kasus-kasus korupsi yang ada di negara kita, tentu saja akan sulit untuk melaksanakannya karena telah sama-sama kita ketahui bahwa di negara kita ini banyak sekali kasus-kasus korupsi yang merajalela. Tentu kita sebagai masyarakat yang baik dan peduli terhadap kekayaan Indonesia harus membantu KPK dalam mengemban tugas-tugasnya.

Kita sebagai masyarakat terkadang bertanya-tanya apa yang harus kita lakukan sebagai masyarakat dalam berperan aktif terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia. Saya juga sembat berfikir seperti itu. Apakah yang bisa saya perbuat untuk membantu KPK, sementara saya hanyalah rakyat kecil, pasti suara dan tindakan saya tidak akan di dengar dan diperdulikan oleh orang banyak. Namun setelah saya fikir dan saya renungkan secara perlahan dan pasti, ternyata kalau saya yang melakukannya sendiri, tentu saja tidak akan di perdulikan orang lain. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus bersama-sama berjalan dan berusaha membantu KPK dalam mengemban tugasnya. Lalu sekarang yang jadi pertanyaan, apa yang bisa kita lakukan untuk membantu KPK?.

Tanpa kita sadari ternyata banyak langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam membantu KPK untuk memberantas korupsi. Sebagai warga negara tentu saja kita harus peduli terhadap kemajuan dan idealism bangsa kita. Salah satu cara untuk mewujudkan kedua hal itu adalah perlu adanya kesadaran dari setiap warga negara untuk bersih dari korupsi. Salah satu yang sering kita lihat dari bentuk partisipasi masyarakat dalam membantu KPK adalah melakukan aksi solidaritas dan turun langsung ke jalan ketika KPK tengah mengalami serangan yang berat dan bertibu-tubi dari pihak-pihak tertentu yang ingin menghambat gerakan KPK. Aksi solidaritas ini sering dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat di seeluiruh penjuru Indonesia. Memang kalau dilihat hanya dari kasat mata saja tentu banyak orang menilai bahwa aksi solidaritas ini hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja. Tetapi bila kita lihat dari sudut pandang social, aksi solidaritas ini berdampak sangat luar biasa. Buktinya bila ada satu daerah saja yang melakukan aksi, pasti daerah lain ikut melakukan aksi yang sama di daerahnya masing-masing. Ini membuktikan bahwa gerakan aksi solidaritas yang kita lakukan berdampak besar bagi keselamatan dan dukungan terhadap KPK.

Seperti kasus yang beberapa waktu lalu  menyerang KPK, yaitu tentang kasus simulator SIM yang melibatkan jendral polisi Djoko Susilo, banyak aksi solidaritas yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat di berbagai penjuru Indonesia. Aksi yang membawa tema besar yaitu “SAVE KPK” membuat KPK seperti mendapat dukungan moral yang sangat luar biasa. Saya juga sebagai mahasiswa ikut melakukan aksi solidaritas untuk menyelamatkan KPK. Saya dan teman-teman mahasiswa di Lampung melakukan aksi di pusat kota Bandar Lampung, dan ternyata dukungan dari masyarakat yang melihat kami sangat luar biasa. Dengan hal ini saya semakin yakin bahwa masyarakat Indonesia sangat cinta dengan KPK. Begitu juga dengan daerah lainnya. Di Jakarta bisa dibilang aksi yang paling besar, karena tingkat kepedulian masyarakat yang tinggi dan juga kepadatan penduduk membuat aksi lebih besar dari daerah-daerah lainnya. Selain itu di Jogja terkenal dengan aksinya yang luar biasa menarik yaitu dengan bergandengan tangan sepanjang jalan. Dan masih banyak lagi aksi-aksi solidaritas lainnya diberbagai daerah yang dengan iklas bergerak untuk membantu, mendorong, dan menyelamatkan KPK.

Setelah banyak aksi solidaritas yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai penjuru di Indonesia, akhirnya presiden angkat bicara di depan publik. Pidato presiden dinilai tegas oleh masyarakat. Tetapi mengapa harus menunggu masyarakat untuk melakukan aksi turun ke jalan dulu baru presiden angkat bicara. Apapun alasannya, yang terpenting adalah dari sini kita sadar bahwa ternyhata masyaraka bisa membantu KPK asalkan dengan satu syarat, yaitu besatu dan bersama-sama menjadi satu kesatuan yang takkan terkalahkan selama kita masih dalam kebenaran. Sedah sepantasnya masyarakat menjadi tameng terdepan dalam melindungi KPK. Jika kita sebagai masyarakat Indonesia yang peduli terhadap pemberantasan korupsi, maka kita harus terus bergerak, tidak hanya menonton KPK dlam menjalankan tugasnya. Tetapi yang harus kita tekankan baik-baik, bahwasanya kita membantu KPK sesuai ketentuan yang benar. HIDUP KPK. Maju terus, kami masyarakat Indonesia akan selalu berada si sekelilingmu.

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: