Pemanasan Global Tingkatkan Bakteri & Ganggang Beracun

Pemanasan global berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri & ganggang beracun
WASHINGTON – Ilmuwan Amerika Serikat (AS) mengingatkan, pemanasan global bisa memacu pertumbuhan ganggang dan bakteri beracun di perairan dunia.Hasil penelitian menunjukkan, perubahan iklim saat ini menjadikan laut dan wilayah perairan lainnya semakin rentan dengan pertumbuhan ganggang. Selain itu, perubahan iklim juga memungkinkan bakteri dan kuman berbahaya berkembang biak.

Itulah pendapat sejumlah ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang dikutip Straits Times, Minggu (20/2/2011).

Pada salah satu studinya, NOAA membuat model laut di masa mendatang dan pola cuaca untuk memprediksi efek pertumbuhan Alexandrium catenella yang bisa ditemui pada kerang-kerangan. Bakteri ini bisa membahayakan orang-orang yang gemar mengkonsumsi makanan laut, termasuk mengakibatkan lumpuh.

“Proyeksi kami menunjukkan, di akhir abad 21, pertumbuhan (bakteri dan ganggang) bisa jadi meningkat di dua bulan awal dan tetap berlangsung hingga satu bulan setelahnya,” ujar Stephanie Moore, salah satu peneliti yang mengerjakan studi ini.

Namun, dampak itu semua bisa jadi akan dirasakan sebelum abad 21 berakhir, yakni pada 2040.

“Rasanya kami akan melihat adanya peningkatan signikan dari studi yang kamilaksanakan di Puget Sound, serta lingkungan dengan risiko yang sama dalam kurun 30 tahun, atau bahkan satu dekade mendatang,”.

okezone.com

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: