ROBOT JEPANG YANG IKUT MARATHON

Robot Marathon
TOKYO – Hasrat Jepang untuk menyehatkan badan membuat mereka menyukai lari maraton setiap akhir pekan. Bahkan robot pun berkompetisi lari maraton. 

Sebuah kompetisi robot berlari digelar di Osaka, Jepang pekan ini. Kompetisi ini diikuti oleh empat kontestan robot dalam ajang yang diklaim sebagai kompetisi maraton robot pertama di dunia.

Dilansir melalui Straits Times, Jumat (18/2/2011), tiga robot kontestan adalah robot android dua kaki yang salah satunya memiliki tinggi sekira 40 sentimeter. Sedangkan satu lagi memiliki dua roda. Sebelum memulai kompetisi robot-robot tersebut berlatih terlebih dahulu di depan sebuah kamera.

Lomba lari jarak jauh itu sejatinya akan berlangsung pada 24 Februari. Robot-robot itu nantinya harus menyelesaikan lari sepanjang 100 meter selama 422 kali. Jarak yang ditempuh robot tersebut sama dengan lari maraton sepanjang 42.195 kilometer.

Diperkirakan para robot itu akan mampu menyelesaikan lari maraton dalam waktu empat hari.

“Pemanasan terlebih dahulu agar tidak mengalami cedera. Saya sangat ingin menyelesaikan kompetisi ini,” ujar sebuah robot yang bernama Robovie-PC.

Menurut data lembaga penyiaran Jepang, TBS, keseluruhan empat robot itu dikembangkan oleh Osaka Institute of technology atau sebuah perusahaan patungan yang ahli dalam merakit robot, bernama Vstone. (srn)

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: