GARUDA TETAP SERIUS, TIMNAS HARUS TANGGUH

JAKARTA – Tim nasional (Timnas) sepakbola Indonesia sudah memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2010. Dua kemenangan diperoleh saat lawan Malaysia (5-1) dan Laos (6-0), sekaligus tim Garuda memuncaki Grup A.

Meski bagi timnas Garuda laga terakhir penyisihan Grup A kontra Thailand, Selasa (7/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sudah tidak menentukan, namun timnas tetap serius meski mengisyaratkan adanya rotasi.

Andaikata menelan kekalahan, tim Merah Putih tetap memuncaki klasemen, karena raihan poin Indonesia tak bisa dikejar lagi. Sebaliknya bagi Tim Gajah Putih merupakan laga hidup-mati yang bisa menentukan kelanjutan kiprah mereka di turnamen ini. ”Walau kami sudah berada di semifinal, tapi kami tidak akan main-main melawan Thailand di pertandingan terakhir,” ujar Alfred Riedl, pelatih timnas Merah Putih.

Pelatih asal Austria itu juga memastikan kalau Indonesia akan tetap tampil habis-habisan dalam laga tersebut. Meski sudah memberi dua kemenangan telak, eks pelatih Laos itu menjanjikan kegembiraan lain buat fans Indonesia. ”Kami harus tampil bagus melawan Thailand kami ingin membuat publik senang. Kami ingin menghibur masyarakat,” kata Riedl.

Kendati menyatakan tetap serius melawan Thailand, Riedl juga mengungkapkan, tidak tertutup kemungkinan dirinya melakukan rotasi pemain agar mereka dalam kondisi lebih bugar di semi-final.

”Akan ada beberapa perubahan pemain yang diturunkan, bisa kemungkinan dua, tiga atau empat pemain untuk semua sektor. Kualitas antara pemain yang telah diturunkan dan yang belum tidak adal perbedaan. Kemampuan mereka tak perlu diragukan,” kata dia.

Untuk strategi menghadapi Thailand, Riedl akan memanfaatkan kelelahan yang dialami Thailand saat kedua tim saling bentrok dalam pertandingan terakhir. ”Thailand adalah tim yang bagus, dan mempunyai banyak peluang mencetak gol melawan Malaysia dan Laos. Tapi kelemahan mereka ada pada kondisi fisik pemainnya yang tidak bugar,” ujar Riedl.

Sementara itu, Bryan Robson, pelatih Thailand, menyatakan seluruh pemainnya akan berupaya keras menundukkan tuan rumah Indonesia pada partai ketiga Grup A. Bahkan dia menginstruksikan pemain-pemainnya untuk mengawasi pergerakan tiga pemain Merah Putih.

”Indonesia memiliki pemain-pemain hebat. Pemain bernomor 10 (Okto) memiliki kecepatan dan memiliki skill yang sangat bagus. Begitu juga dengan pemain bernomor punggung 17 (Irfan Bachdim), ia juga sangat cepat. Firman Utina sebagai kapten juga mampu memimpin tim dengan baik pada pertandingan kemarin,” ujar Robson

Menurut mantan pemain Manchester United (MU) dan timnas Inggris ini, Thailand tak punya pilihan lain kecuali memenangkan pertandingan jika ingin mendampingi Indonesia ke semifinal. ”Laga ini sangat berat. Tapi kami melihat peluang untuk ke babak selanjutnya masih ada,” ucapnya.

Untuk memenuhi ambisinya, dia mengaku juga akan melakukan beberapa perubahan dalam skuadnya, setelah melihat kegagalan strategi yang dijalankannya hingga bisa ditahan Malaysia 0-0. ins, m6

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: