ASAH OTAK BIAR GAK LEMOT

Bila otak tak diasah, lama-lama kita bisa jadi “lemot” alias lemah otak. Apalagi di usia 30 tahun otak kita bekerja lebih lambat. Tapi tak perlu khawatir, menurut studi terbaru, kita bisa memaksimalkan kerja otak dengan aktivitas sederhana ini:

1. Browsing lebih sering
Saat berselancar di internet, Anda ikut mengaktifkan pusat otak yang berfungsi dalam pengambilan keputusan. Menurut para ahli dari UCLA (University of California Los Angeles), browsing lebih efektif untuk merangsang otak dibandingkan dengan membaca.

Menurut riset, melakukan pencarian (searching) di internet mengaktifkan sirkuit saraf yang tidak aktif saat kita membaca. Tapi, efek tersebut hanya muncul pada orang yang sudah mahir berinternet. Sebagai latihan, luangkan waktu minimal 20 menit beberapa kali dalam seminggu untuk mencari topik yang ingin Anda ketahui, bisa tentang aktor favorit atau artikel tentang tanaman tertentu.

2. Olahraga
Ya, olahraga terbukti mampu memperlambat, bahkan mencegah kepikunan. Selain itu, olahraga juga bisa membuat usia otak lebih muda.

3. Jaga kesehatan gigi
Kesehatan mulut sangat berkaitan dengan kemampuan otak. Demikian menurut penelitian para ahli dan dokter gigi dari Inggris. Setelah meneliti ribuan orang berusia 20-50 tahun diketahui masalah gigi dan mulut berhubungan dengan menurunnya kemampuan kognitif orang berusia lanjut.

4. Konsumsi Blubery
Penelitian menunjukkan buah-buahan berwarna ungu bisa meningkatkan daya ingat. Menurut teori para ahli, anthocyanin, pigmen biru tua yang terdapat dalam buah berwarna ungu, mengandung zat yang mencegah sumbatan darah ke otak, terutama ke bagian otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat dan kemampuan belajar. Buah lokal seperti jamblang diketahui memiliki kadar anthocyanin yang tak kalah dengan blueberry.

5. Bermain puzzle
Studi yang dilakukan terhadap 3000 pria dan wanita uzur di Universitas Alabama menunjukkan responden yang rutin bermain puzzle memiliki performa otak 10 tahun lebih muda. Selain puzzle, mengisi TTS atau bermain catur sangat disarankan. Lakukan secara santai agar otak lebih terangsang.

6. Main musik
Dengan bermain musik, hippocampus (bagian otak yang memegang peranan penting dalam memori) lebih berkembang.

7. Meditasi
Selain meredakan stres, meditasi yang dilakukan secara teratur ternyata juga bisa meningkatkan kemampuan otak.

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: