Penemu Internet Kritik Facebook


Tim Berners-Lee (Ist)

Jakarta – Tim Berners-Lee, penemu world wide web (www) atau internet mengkritik jejaring sosial seperti Facebook karena dinilainya telah membatasi keterbukaan web.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (23/11/2010), dalam tulisannya di jurnal Scientific American bertajuk ‘Long Live the Web: A Call for Continued Open Standards and Neutrality’, Berners-Lee mengingatkan pengguna internet akan makna demokratis dan keterbukaan sebuah web.

Namun kemudian dia mengatakan bahwa sifat demokratis dan universalitas web saat ini tengah terancam oleh ‘warga’ internet yang sedang mendulang sukses. Warga internet yang dimaksud Berners-Lee adalah Facebook, LinkedIn dan Friendster. Pasalnya, Berners-Lee menilai ketiga situs itu membatasi arus informasi yang tersedia secara bebas di seluruh web.

“Facebook, Linkedln, Friendster dan situs sejenis lainnya memberikan nilai dengan menangkap informasi saat Anda memasukkannya, seperti hari kelahiran, alamat email, hal-hal yang disukai dan tautan yang menunjukkan siapa berteman dengan siapa,” ujarnya.

Dikatakan oleh Berners-Lee, situs-situs itu merangkai bit-bit data menjadi database yang cerdas dan menggunakan lagi informasi tersebut untuk menyediakan layanan nilai tambah, namun hanya di dalam situs itu saja.

Facebook sendiri saat ini memang tengah didera masalah soal data dan terlibat perseteruan dengan Google. Seperti diketahui, awal bulan ini Google memblokir akses Facebook ke Gmail.

Google mengatakan, Facebook seharusnya berbuat sama pada situsnya. Raksasa internet ini mengatakan mereka mau membuka lagi akses tersebut jika Facebook mau berbagi dengan Google. Namun Facebook kemudian menolak permintaan ini dan malah menghapus semua fungsionalitas yang berhubungan dengan layanan Gmail dari fitur ‘Find your Friends’ miliknya.

About Ervan Heppyda


3 responses to “Penemu Internet Kritik Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: