Jepang Kembangkan Robot Terapi Stroke


Ilustrasi (slashgear)

Jakarta – Tidak hanya ingin berkutat di dunia otomotif, Toyota rupanya semakin berhasrat untuk mengembangkan teknologi robotika. Bahkan, perusahaan asal Jepang ini kabarnya tengah menciptakan robot terapi khusus penyakit stroke.

Ide di balik robot ini adalah menciptakan sebuah robot yang bisa membantu para pasien yang terkena stroke, terlebih bagi mereka yang telah menderita lumpuh satu bagian sisi tubuh. Toyota rupanya tak sendirian dalam penggarapannya, mereka mengajak kerja sama Universitas Fujita Health untuk menguji robot terapi ini.

Dikutip detikINET dari Slash Gear, Selasa (19/10/2010), kabarnya Toyota sedang menciptakan versi baru robot tersebut dengan bobot yang lebih ringan namun tetap bisa cekatan untuk mengerjakan segala pekerjaan.

Nantinya robot ini akan berada di sisi pasien untuk menopang tubuh mereka ketika sedang berjalan. Baik menggunakan tangan maupun bahu robot, tergantung pada kebutuhan pasien.

Namun sayang, belum begitu banyak informasi yang bisa dikorek mengingat robot ini tengah diuji. Agaknya pihak universitas dan Toyota masih menjaga informasi rapat-rapat pada ciptaan baru mereka. Mudah-mudahan saja kita bisa segera melihat lebih banyak robot dalam waktu dekat.

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: