PANWAS TETAP MEMINTA DPT BERDASARKAN NAMA

Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Bandar Lampung tetap meminta data pemilih dari KPU berdasarkan nama pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau by name.

Hal itu disampaikan anggota Panwas Pilkada Bandar Lampung yang membidangi Pokja Pengawasan Riyuzen Praja Tuala di kantornya, Selasa (20-4). Riyuzen mengatakan acara bimbingan teknis (bimtek) di Batam berlanjut dengan rapat koordinasi antara Panwas dengan Bawaslu.

Menurut Riyuzen, dalam rakor tersebut Bawaslu meminta agar Panwas memberi laporan kegiatan pengawasan per tahapan. Tahapan yang banyak disoroti oleh Bawaslu adalah penetapan DPT. Bawaslu meminta laporan lengkap terkait dengan penetapan DPT sekaligus menyerahkan soft copy DPT by name. Karena itu, Riyuzen menegaskan akan tetap meminta KPU Bandar Lampung untuk memberikan data tersebut. “Kami akan tetap meminta data itu kepada KPU Bandar Lampung. Sebab, Bawaslu meminta data tersebut kepada kami,” kata Riyuzen.

Selain itu, panwas pilkada mendapat perintah untuk menangani perkara pilkada hingga ada keputusan. Kewenangan ini merupakan kewenangan tambahan. Sebab, pada pemilu sebelumnya panwas tidak mempunyai kewenangan untuk menyelesaikan sengketa.

Karena adanya tambahan kewenangan tersebut, pengawasan yang dilakukan bersifat pencegahan (preventif) dan penyelesaian (partisipatif). “Dengan kewenangan tambahan itu, kami harus memiliki data selengkap-lengkapnya agar jika terjadi sengketa, bisa menangani dengan bijaksana,” kata dia.

Terkait dengan undangan koordinasi dari KPU Bandar Lampung, Riyuzen mengaku akan hadir. Sebab, undangan tersebut disampaikan secara resmi oleh KPU sebagai lembaga penyelenggara pilkada kepada panwas selaku lembaga pengawas pilkada.

Sebelumnya, KPU Bandar Lampung menolak memberikan soft copy DPT by name dengan alasan tidak ada aturan yang mengharuskan KPU memberikan data tersebut. (MG-11/U-2/L-1)

About Ervan Heppyda


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: